Headlines News :
Home » » Keistimewaan Malam Dan Hari Jum'at

Keistimewaan Malam Dan Hari Jum'at

Written By Yuli Nuriskandar on Kamis, 27 Juni 2013 | 17.31

Bagi umat islam hari dan malam Jum’at adalah sangat istimewa, bahkan melebihi hari raya. Banyak hadist yang menjelaskan tentang keutamaan hari dan malam Jum’at.

Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata:" Hari Jumat adalah hari ibadah. Hari ini dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, laksana bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Waktu mustajab pada hari Jumat seperti waktu mustajab pada malam lailatul qodar di bulan Ramadhan". 


Berikut adalah keutamaan hari Jum’at :

1.    Hari Jum'at adalah hari terbaik dibandingkan hari-hari yang lain
 Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah bersabda:" Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat".

2.    Di dalamnya terdapat waktu mustajab untuk berdoa
Abu Hurairah berkata Rasulullah saw pernah bersabda:" Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu" (H.R  Muttafaqun Alaih)

3.Sedekah pada hari Jum’at lebih utama dibanding sedekah pada hari-hari lainnya.
Imam Ibnu Qayyim berkata:" Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya".Sedangkan hadits dari Sahabat Kaab menjelaskan:" Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya".(Mauquf Shahih)

4. Merupakan hari raya yang berulang setiap pekan
Sahabat Ibnu Abbas berkata : Rasulullah saw bersabda: "Hari ini adalah hari besar yang Allah tetapkan bagi ummat Islam, maka siapa yang hendak menghadiri shalat Jumat hendaklah mandi terlebih dahulu, jika ia memiliki wangi-wangian maka hendaknya dia memakainya dan bersiwaklah” (HR. Ibnu Majah dan haditsnya dinyatakan hasan oleh Al Albani) "


5. Pada hari Jum’at  Allah SWT menampakkan diri kepada hamba-Nya yang beriman di Surga

6.Merupakan hari dihapuskannya dosa-dosa 

7. Wafat pada malam hari Jumat atau siangnya adalah tanda husnul khatimah, yaitu dibebaskan dari fitnah (azab) kubur.
Diriwayatkan oleh Ibnu Amru , bahwa Rasulullah y bersabda:Setiap muslim yang mati pada siang hari Jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur. (HR. Ahmad dan Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).


8. Orang yang berjalan untuk shalat Jumat akan mendapat pahala untuk tiap langkahnya, setaradengan pahala ibadah satu tahun shalat dan puasa.


9. Hari Kiamat terjadi pada hari Jumat
Dari Abu Hurairah radhiyallohu anhu bahwa Nabi Muhammad shallallohu alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jumat; padanya Adam diciptakan, dimasukkan ke surga dan juga dikeluarkan darinya serta kiamat tidak terjadi melainkan pada hari Jumat” (HR. Muslim)

Berikut adalah amalan yang baik dilaksanakan pada malam dan hari Jum'at :

1. Memperbanyak sholawat kepada nabi Muhammad SAW.
Rasulullah saw bersabda : “Perbanyaklak membacakan sholawat untukku pada hari Jum’at, karena sholawat dari umatku itu akan dipersembahkan kepadaku pada setiap hari Jum’at. Barangsiapa yang paling banyak persembahan sholawatnya, maka ia adalah orang yang lebih dekat kedudukannya di sisiku.”


2. Membaca surat As Sajadah di rakaat pertama dan Al Insan di rakaat kedua pada saat sholat shubuh.

3. Membaca surat Al Kahfiِ

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at.”

Demikian keistimewaan malam dan hari Jum'at. Semoga bermanfaat.
(Dikutip dari berbagai sumber)

 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Powered by Indosports.TV, TVOnlinePlus.com, Indostreamix.Com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Yulinuriskandar.com - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template