Headlines News :
Home » » Kuliah Sambil Kerja, Why Not !!!!

Kuliah Sambil Kerja, Why Not !!!!

Written By Yuli Nuriskandar on Senin, 24 Juni 2013 | 10.13

Setelah lulus SMA pasti setiap orang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Beraneka macam tujuan dalam pikiran ketika memutuskan untuk kuliah, intinya untuk mencapai cita-cita.

Beruntunglah bagi yang masih memiliki orang tua dan sanggup untuk membiayai pendidikan. Dengan fasilitas yang orang tua berikan harusnya bisa belajar lebih konsentrasi dan menikmati masa-masa kuliah tanpa beban, artinya selepas kewajiban jam belajar di kampus masih bisa jalan-jalan, nongkrong ataupun ngerumpi di kosan.

Kadang-kadang keterbatasan ekonomi memaksa orang untuk mengurungkan niat menuntut ilmu di Perguruan Tinggi karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa biaya pendidikan tidaklah murah. Seharusnya tidak perlu berkecil hati, apapun kondisinya jika ingin mewujudkan cita-cita harus berusaha. Menurut pepatah "Man Jadda Wa Jadda" (Barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka pasti akan berhasil). Jadi harus semangat apapun keadaannya.

Seharusnya setiap orang lebih kreatif dalam menyikapi keterbatasan ekonomi  karena sudah jelas dalam Kitab Suci Al-Qur'an "… Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjaka". (QS Mujaadilah [58] :11)

Kuliah sambil kerja adalah solusi tepat untuk mewujudkan keinginan melanjutkan pendidikan. Dengan bekerja akan mendapat penghasilan (uang) dan uang tersebut dapat digunakan untuk membayar biaya pendidikan. 

Berikut Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja :

1. Niatkan dalam hati bahwa ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan niat yang kuat, akan memotivasi diri untuk terus semangat belajar walaupun kondisi ekonomi kurang mendukung. 
"Rintangan tak dapat menghancurkanku. Setiap rintangan akan menyerah pada ketetapan hati yang kukuh" (Leonardo Da Vinci)

2. Jika tidak memungkinkan langsung kuliah selepas SMA, cobalah melamar pekerjaan. Tunggu waktu yang tepat untuk daftar kuliah karena harus menabung untuk biaya awal. Tidak perlu khawatir, khususnya di kota-kota besar, banyak universitas yang membuka pendaftaran mahasiswa baru pada semester ganjil dan genap. Cukuplah menabung 6 bulan untuk dana awal pendidikan. Jika banyak keterampilan, banyak lowongan pekerjaan yang bisa dicoba. Misalnya : Untuk lulusan SMA jurusan IPA bisa jadi staf di laboratorium, tenaga administrasi di perkantoran, atau bahkan bisa jadi guru les, lumayan juga hasilnya. Selain itu bisa jadi marketing, pelayan toko, pelayan restoran atau bahkan bagi yang jiwa bisnis bisa sambil berjualan bahkan membuat kreasi atau kerajinan yang bisa dijual.

3. Cari Perguruan Tinggi yang ada kelas karyawannya. Artinya, jadwal kuliah dimulai dari jam 5 sore sampai jam 9 malam. Jadi sepulang kerja bisa langsung kuliah. Bagi yang kuliah pagi sampai siang, kerja bisa dilakukan dari jam 3 sore sampai jam 9 malam. Sebenarnya tidak masalah kerja jadi pelayan restoran selama yang kita kerjakan adalah halal. jangan mengikuti arus mahasiswa atau mahasiswi yang maunya mendapatkan uang banyak dengan cara cepat tapi  salah bahkan tidak dibenarkan menurut ajaran agama.

4. Hindari pekerjaan yang memakai sistem "shift", karena jarang-jarang ada universitas yang mau mengikuti jadwal mahasiswanya dan kita akan dipusingkan dengan barengnya jam kuliah dan jam kerja.

5. Jaga kondisi tubuh. Tidak dapat dipungkiri bahwa menjalani dua kewajiban dalam waktu yang bersamaan tidaklah mudah. Di satu sisi harus bekerja karena ingin mendapatkan uang dan di sisi lain harus belajar sungguh-sungguh untuk mewujudkan impian dan cita-cita. Pastinya badan akan terasa lelah tapi anggap saja itu warna-warni kehidupan.

6. Nikmati setiap kondisi yang dialami dan jangan pernah merasa minder. Apapun status sosial ekonomi, pada saat di tempat kuliah adalah sama, posisinya sebagai mahasiswa jadi enjoy saja. 

7. Pendekatan terhadap dosen. Tidak masalah curhat kepada dosen tentang kondisi yang kuliah sambil kerja, manfaatnya jika suatu saat ada program beasiswa, bisa diusulkan. Menurut pribahasa "Tak kenal maka tak sayang"

8. Tetap bersyukur kepada Allah SWT, mungkin dengan kondisi yang cape, lelah, uang habis, pusing dengan setumpuk tugas kuliah kita akan menjadi lebih dekat dengan-Nya. Selalu berdo'a meminta supaya dimudahkan dalam menjalani kehidupan dua alam (alam kuliah dan alam kerja). Berharap semua pengorbanan terbalas dengan mendapatkan kehidupan yang lebih baik di waktu yang akan datang.

9. Tetap pada tujuan utama kuliah yaitu mencari ilmu jangan sampai terbawa arus negatif. Bolehlah mencantumkan 2 tujuan lain yaitu : mendapat jodoh dan setelah lulus mendapat pekerjaan yang layak.

10. Pasti ada hikmah dari setiap kejadian. Allah SWT  memberikan ujian-ujian berat kepada orang-orang yang kuat karena pasti dianggap mampu melewatinya. Beruntunglah orang-orang yang dapat menjalani kehidupan kuliah sambil bekerja  karena pasti akan berfikir lebih dewasa, bertindak lebih bijaksana dan lebih berterima kasih kepada yang punya hidup atas segala jalan yang telah ditetapkannya.

Semoga bermanfaat. Terus semangat mewujudkan cita-cita. GANBATTE!!!!!!!





Share this article :

2 komentar:

 
Powered by Indosports.TV, TVOnlinePlus.com, Indostreamix.Com
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Yulinuriskandar.com - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template